IOS

SEJARAH IOS

iOS adalah sistem operasi yang terdapat pada produk-produk yang diciptakan perusahaan terkenal apple. iOS awalnya hanya dikembangkan untuk Iphone. Namu sekarang sudah diperluas untuk perangkat apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan apple TV. iOS adalah sistem operasi yang diciptakan dengan segala kekurangan. Bukan berarti banyak masalah atau bug yang terdapat pada sistem operasinya. Tapi kekurangan yang terdapat pada feature-feature yang tersedia di dalam sistem operasinya. Kalau kita lihat perkembangannya dari versi awal sampe yang sekarang (4.2.1) dan untuk iPhone CDMA (4.2.5) sangat bertahap dan cenderung ketinggalan jaman dengan sistem operasi gadget yang lain. Namun dengan adanya iOS versi 4.2.1, iPod Touch sudah bisa menandingi gadget-gadget saingannya.

SEJARAH LOGO APPLE

Sejarah atau asal mulai logo apple sendiri ada dari berbagai versi seperti Salah satu cerita yang paling menarik adalah logo apple merupakan penghormatan bagi Alan Turing, seorang matematis, logician, cryptanalyst dan ilmuwan komputer, yang memiliki peran besar dalam perkembangan teknologi komputer sekarang ini.

Karena Turing adalah homoseksual yang dimana pada saat itu tidak diperbolehkan dan merupakan sebuah ilegalitas di UK, ia bunuh diri dengan racun sianida. Sebuah apel yang dimakan setengah ditemukan di samping tubuhnya, yang diperkirakan berisikan racun terkait. Sebagai penghormatan untuk ilmuwan komputer ini, logo apple adalah referensi ke kisah ini

Namun yang diyakini sampai sekarang yaitu cerita berikut ini adalah yang paling dipercaya benar mengapa apple memilih apel sebagai logo dan nama perusahannya. Nama apple didapatkan pada saat Steve Jobs bekerja di kebun buah-buahan Oregon dan ia mendapatkan nama apple dari brand ternama apel yang bernama McIntosh apples.

Dari brand apel tersebut jugalah nama Macintosh berasal. Dari kisah inilah Steve Wozniak, co-founder Apple mengatakan "semua yang terdengar menarik adalah benar." Jadi mungkin ini benar-benar asal mula mengapa Apple menggunakan apel sebagai nama dan logo mereka.

PERKEMBANGAN IOS





Dari gambar diatas kita dapat melihat generasi iOS pertama sampai keempat pada gambar dijelaskan bahwa semakin pekat warna maka semakin tinggi tingkat generasinya , iOS sendiri dibagi beberapa jenis seperti iPhone, iPod Touch, iPad, dan Apple TV.

Selain OS dan jenis jenisnya logo dari Apple sendiri sudah banyak berkembang dan mengalamami perubahan.

LAMBANG ISAAC NEWTON (THE NEWTON CREST) - 1976 SAMPAI 1976




Logo pertama Apple didesain pada tahun 1976 oleh Ronald Wayne, yang terkadang juga dikenal sebagai co-founder ketiga dari Apple.

Pada logo tersebut menggambarkan Isaac Newton duduk di bawah pohon dengan sebuah apel bergantung di atas kepalanya. Istilah di sekitar logo tersebut berkata, "Newton... Pemikiran yang terus Mengarungi Lautan Pikiran yang Aneh... Sendiri."

Akan tetapi logo tersebut lebih memberikan kesan klasik daripada modern, padahal mereka adalah perusahaan komputer. Oleh karena itu, Steve Jobs memutuskan sebuah desain ulang dibutuhkan.

LOGO PELANGI (THE RAINBOW LOGO) - 1976 SAMPAI 1998

Oleh karena itu, logo di atas diganti dengan cepat oeh Steve Jobs dengan desainer Rob Janoff. Yang tidak diketahui Janoff mungkin adalah desain logonya akan menjadi salah satu logo paling terkenal dan paling iconic sepanjang sejarah teknologi.





Janoff mengatakan, "gigitan" pada logo Apple digunakan agar orang-orang mengetahui bahwa ia menggambarkan apel, bukan tomat. Juga sesuai dengan kata dunia komputer (byte/bite), sesuai dengan perusahaan teknologi. Sedangkan alasan strip pelangi pada logo adalah Steve Jobs menginginkan sebuah logo yang penuh warna agar perusahaan lebih terlihat "manusiawi".

Logo ini digunakan cukup lama, tepatnya selama 22 tahun sebelum akhirnya diubah lagi oleh Steve Jobs, kurang dari setahun sejak ia kembali ke Apple di 1997. Walaupun begitu, bentuk dari logo ini tidak mengalami perubahan. Adapun logo awal yang ditawarkan Steve Jobs adalah logo monkromatik hitam. 

LOGO MONOCHROME - 1998 SAMPAI SEKARANG

Desain logo Apple bertahan cukup lama sampai akhirnya Steve Jobs memutuskan mengubah logo penuh warna tersebut menjadi logo dengan warna yang solid. Hal ini sesuai dengan fashion pada waktu itu yang minimalis dan mungkin untuk mengikuti zaman millenium yang baru.


Mungkin logo penuh warna (pelangi) dapat menjadi nostalgia para pengguna Mac, tetapi tentunya Steve Jobs bukanlah orang yang menginginkan rasa nostalgia pada logo Apple. Oleh karena itulah dibuat logo monochrome yang lebih fleksibel untuk me-brand produknya. Perubahan tersebut akhirnya bertahan hingga sekarang ini, dimana Apple hanya menggunakan satu warna saja unutk logonya (monokromatik, penggunaan satu warna saja).

Logo Apple sekarang ini tetap menggunakan konsep monokromatik, hanya bewarna putih.

JENIS - JENIS IOS

IPHONE OS

Pertama iOS bukan muncul dengan nama iOS 1 tetapi dengan nama iPhone OS pada tahun 2007 ketika apple meluncurkan ponsel full display yang sangat terkenal dan legendaris dan bisa merubah dunia ponsel pintar yaitu iPhone. Kehadirannya yaitu dapat merubah sejarah dan salah satu pioneer smartphone tanpa tombol fisik, setelah kemunculannya banyak sekali ponsel yang meniru gaya dan desain yang sama.

IPHONE OS 2.0

Ini adalah generasi penerus dari iPhone OS pertama. OS ini dirilis pada juli 2008. Versi yang ini apple merilis file SDK untuk para pengembang sehingga pengguna iphone dengan OS iphone OS 2.0 ini bisa menginstal aplikasi dari pihak ke tiga. App store pun sudah di hadirkan.

IPHONE OS 3.0

Pada versi yang ini apple lebih fokus di peningkatan kualitas under the hood atau kualitas dalamnya dari sistem operasi ini. Versi yang ini sudah memiliki fitur diantaranya adalah support copy, cut, paste, MMS, landscape keyboard, peningkatan fitur keamanan, dan kompas.

IOS 4.0

April 2010 apple mengeluarkan iOS 4 dalam versi beta dan tersedia untuk para pengembang untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi mobile. Hasilnyapun meningkat drastis pda versi ini muncul dengan adanya fitur face time, video calling, spell cek, folder to organize, multitasking aplikasi pihak ke tiga, iBooks dan iAd.

IOS 5

Dianggap sebagai sistem operasi yang bisa dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat oleh PC. Versi ini dapat mengaktifkan perangkat apple tanpa harus menggunakan bantuan oleh komputer atau PC. Pada generasi yang ini sudah di bekali dengan iCloud yang bisa mengupdate email, address dan contact di antara perangkat yang lain. Pada generasi yang inilah apple memperkenalkan fitur siri. Siri yaitu asisten virtual yang bisa membantu dengan menanyakan sesuatu pada ponsel.

IOS 6

Diluncurkan pada September 2012 dan apple pun menawarkan 200 fitur baru pada versi 6 ini. Yang menonjol adalah aplikasi maps yang menimbulkan banyak masalah dan kurang akurat di bandingkan dengan google. Versi 6 ini mempunyai integrasi yang sangat mendalam dengan facebook, passbook meningkat performa pada siri dan sudah dilengkapi dengan LTE.

IOS 7

Versi ini adalah merupakan versi yang baru. Banyak fitur baru yang di tawarkan serat mengalami perubahan yang drastis. Mengalami peningkatan dengan adanya aplikasi yang dapat berjalan di background dan multitasking yang lebih pintar serta dilengkapi dengan siri yang lebih baik.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

KELEBIHAN :

  1. Sulit terserang Virus.
  2. User Friendly.
  3. Memiliki tampilan yang bagus.
  4. Tersedia aplikasi yang bagus. anda dapat mendowload nya di iTunes menggunakan acoount iTunes free atau berbayar yang anda miliki.
  5. ukuran memory internal yang cukup besar. 8GB, 16GB, 32GB, 64GB.
  6. UpGrade FW yang relatif mudah.
  7. Jumlah Aplikasi dan games terbanyak dibanding OS smartphone lain.
  8. Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store.
  9. Performa & kualitas menjalankan aplikasi/games lebih bagus dibanding smartphone dengan OS lainnya.
  10. Device-device lama bisa mendapat update OS walau secara hardware jauh tertinggal.
  11. Pelopor could computing (media penyimpanan data secara online).
  12. Garansi device internasional
  13. Harga jual kembali lebih stabil. 

KEKURANGAN :

  1. Harga relatif mahal.
  2. Memory yang tersedia tidak bisa ditambah sesuai keinginan kita.
  3. Tampilannya tidak bisa diubah-ubah sesukai hati. kecuali iPod anda sudah di hack. namun itu melanggar hukum. jika diketahui oleh pihak apple, maka garansi anda akan hilang.
  4. Membuat anda lupa waktu, karena gamenya bagus, sangat menyenangkan, dan banyak.
  5. kualitas suara yang dihasilkan speaker outputnya sangat kecil.
  6. Harga devicenya lebih mahal.
  7. Media konektifitas seperti bluetooth & wifi sharing terbatas hanya untuk sesama perangkat iOS (bisa diakali dengan cara membeli aplikasi di apps store).
  8. Aplikasi-aplikasi tertentu banyak terdapat versi berbayar/trial (bisa diakali dengan jailbreak dan dapat memasang aplikasi bajakan).
  9. Harus terkoneksi dengan iTunes jika ingin share media file dengan PC atau Notebook.
  10. Tidak ada slot micro SD dan baterai sudah built in ( tidak bisa dicopot). 

TAMPILAN UTAMA





Tampilan utama (yang dikenal sebagai "SpringBoard") menampilkan ikon-ikon dan sebuah dok dimana mereka bisa mengatur aplikasi yang sering digunakan. Tampilan utama akan tampil ketika mereka membuka tampilan layar tertutup atau dengan menekan tombol "Home" ketika berada di sebuah aplikasi. Latar belakang dapat dikostumisasi dengan cara lain, yaitu Jailbreak. Tampilan utama punya baris untuk menampilkan data, kekuatan sinyal, bluetooth, baterai. Sisanya layar dikhususkan untuk aplikasi yang terinstall. Bila passcode yang dibuat dan pengguna switch pada perangkat, kode akses harus dimasukkan pada tampilan layar terkunci sebelum diberikan akses masuk ke tampilan utama.

Sejak iOS 3.0, fungsi pencarian Spotlight telah diberikan pada tampilan utama paling kiri yang digunakan untuk mencari media (musik, video, podcast, dll.), aplikasi, surel, kontak, pesan, pengingat, kejadian di kalender, dan lainnya yang berkaitan. Aplikasi pihak ketiga tidak dapat dicari di Spotlight. Pada iOS 7, fitur ini dapat diakses dengan menggesekan turun pada tampilan utama (kecuali untuk ujung atas dan bawah untuk membuka pusat notifikasi dan kontrol)

Pada iOS 3.2 atau terbaru dengan perangkat yang didukung, pengguna dapat menggunakan gambar sebagai latar belakang tampilan utama. Fitur ini hanya tersedia pada generasi ketiga atau terbaru – iPhone 3GS dan terbaru, iPod Touch generasi ketiga dan terbaru, dan semua model iPad. Tampilan utama / Interface dari iOS sendiri berkembang dari jaman ke jaman, terutama dari aspek detail dan menaikan standar interface, itu bertujuan agar para pemakai iOS tidak bosan , karena interface dari iOS sendiri tidak ada icon atau lambang yang berubah secara siknifikan dapat dilihat dari gambar diatas dari iOS pertama sampai iOS terbaru secara garis besar tidak berubah hanya tingkat ketajaman dan detail yang semakin dinaikan.
IOS IOS Reviewed by Unknown on 08.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.